TUGAS
KELOMPOK
Achmad
Lutfi
Denny
Nurmansyah
Nugraha
Azhima
M.
Rahma Munigar
Taufiq
Fitriandi
ABSTRAK
Bisnis
di dunia global yang saling berhubungan satu sama lain dan praktek diorganisasi
untuk kepatuhan tujuan bisnis. Organisasi tidak dapat bertahan hidup dalam
isolasi. Kelangsungan hidup organisasi tergantung pada integrasi kode bisnis
dengan etika sosial dan menggabungkan format yang menjadi praktek etika
disatukan berlaku jenuh di pasar. Etika bisnis yang semakin penting dari hari
ke hari yang menghasilkan ke lebih kejenuhan praktek bisnis. Area fokus dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya etika. Hasil terbukti
mengingat penelitian sebelumnya bahwa budaya secara signifikan berpengaruh pada
etika bisnis. Oleh karena itu kebutuhan yang sangat penting untuk memberikan
kesadaran kepada karyawan agar perusahaan dapat mengikuti kode etik untuk
melakukan bisnis dengan cara yang etis yang baik.
Kata kunci: Budaya, Pengetahuan, perilaku,
nilai-nilai dan etika bisnis
BAB
I
PENDAHULUAN
Budaya
dan dimensi budaya dianggap cakrawala kolektif mewakili realitas sosial
tertentu (objektivitas subjektivitas).Etika umum yang disepakati praktek
prinsip moral yang berbeda atau nilai-nilai. Hal ini berkonsentrasi pada sifat
umum moral dan pilihan moral tertentu individu membuat hubungan dengan orang
lain. Ini merupakan aturan dan / atau standar yang mengatur melakukan satu
anggota profesi. Konteks penyelidikan ini akan etika diterapkan untuk bisnis.
Budaya
organisasi terdiri dari berbagai elemen mulai dari komponen kognitif laten
seperti asumsi, nilai dan keyakinan terhadap unsur-unsur yang lebih nyata
seperti artefak dan simbol (Schein, 1985; Kotter dan Heskett, 1992; lihat Liu,
1999). Nilai, praktek dan perilaku, bagaimanapun, tetap komponen fundamental,
meskipun laten, budaya organisasi dan etika memberikan esensi inti dalam
pembentukan komponen ini. Rosenthal dan Rosnow (1991) catatan. Rokeach (1972)
menganggap nilai-nilai sebagai penanda abadi keyakinan dengan cara tertentu
berperilaku atau preferensi bagi negara-negara di masa depan.
Bisnis
terlibat dalam praktek etika akan memiliki satu alasan dari jumlah total dua
alasan; salah satu sifat dan yang kedua adalah Machiavellian, motivasi untuk
pewarnaan buku tentang bisnis yang etis.Usaha yang dijalankan oleh orang-orang
di bawah pendekatan (pendekatan alam) mengakui pribadi mereka yang ada di
masyarakat dan mengakui bahwa bentuk-bentuk mereka harus beroperasi dalam
perilaku etis. Menurut pendekatan Machiavellian bisnis menggunakan etika
memiliki rute dalam keinginan untuk meyakinkan pemegang saham perusahaan adalah
melakukan hal yang benar, pendekatan ini mengadopsi oleh perusahaan adalah baik
untuk menghindari konsekuensi hukum dari tindakan atau untuk meyakinkan
stakeholder bahwa perusahaan melakukan dalam kepentingan terbaik mereka di
keras dan berusaha untuk servetheirintere
Untuk
mengidentifikasi hubungan antara mereka lebih baik untuk melihat definisi yang
diberikan oleh scholorals yang berbeda. Etika didefinisikan sebagai,
"konsepsi apakah perilaku yang benar dan adil adalah perilaku (Carrol,
1991)". Nilai didefinisikan sebagai, "inti set keyakinan dan kepala
sekolah dianggap mampu keinginan (oleh kelompok-kelompok) individu (Andrews,
1987; Mason 1992)". Definisi lain yang diberikan oleh Hunt, 1986 &
Vitell, 1992; "Nilai-nilai budaya atau norma-norma sebagai salah satu
konstruksi mempengaruhi persepsi seseorang dalam situasi etis".
Tujuan studi
Tujuan
dari makalah ini adalah untuk mengintegrasikan proposisi konseptual teori dalam
etika bisnis dengan tipologi dimensi budaya yang dikembangkan setelah
ekstensif.
Penelitian
yang melibatkan beberapa kabupaten yang berbeda dan budaya, hanya bagian, model
yang dipilih dari etika bisnis telah diuji dan didukung.
1.
Untuk mengembangkan model etika organisasi
2.
Untuk menguji jenis iklim etika dan budaya yang dominan dan berbeda nyata
antara organisasi bisnis
3.
Untuk menentukan efek dari keberadaan kode etik.
Pernyataan masalah
Organisasi
bisnis global sangat dipengaruhi oleh budaya global di mana etika bisnis
diberikan kepentingan tinggi dan budaya jenuh dengan hasil etika dalam
integrasi yang lebih baik dengan nilai-nilai, perilaku dan pengetahuan. Muncul
kebutuhan untuk menguji variabel dalam konteks dimensi budaya dan efeknya pada
etika
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
Etika
bisnis juga dapat dipahami secara umum dalam hal tanggung jawab sosial
perusahaan (CSR) (Singer, 1993). CSR dapat catagorally didefinisikan sebagai
tingkat hukum ekonomi, moralitas atau etika disesuaikan dengan nilai-nilai
harapan masyarakat (Andrews,1987; Carrroll 1979, Sathi 1975).
Perilaku
terhadap etika bisnis membentuk komponen inti dari studi empiris etika bisnis.
Mereka juga menyalakan pentingnya bahwa beberapa kelompok tertentu individu
melekat masing-masing filsafat menggarisbawahi konsep etika bisnis.
Peter
Drucker eksplisit membahas "tanggung jawab sosial bisnis (Praktek
manajemen, buku 1954, p ix.) Drucker juga berfokus pada CSR di mana ia dianggap
tanggung jawab masyarakat sebagai salah satu dari delapan bidang utama akan
digunakan untuk menetapkan bisnis tujuan.
Saat
ini bisnis efek lembaga yang paling kuat di dunia, biaya tanggung jawab sosial
telah diperluas untuk mencakup daerah-daerah secara resmi dianggap sebagai
domain dari pemerintah: kualitas pendidikan dan dukungan dari tindakan, dana
dan fasilitas untuk penelitian dasar, perencanaan kota dan pengembangan, akan
gantungan dan kemiskinan, pengangguran inti keras. Bisnis yang lebih kuat
menjadi di dunia, lebih bertanggung jawab atas kesejahteraan dunia itu akan
diharapkan untuk menanggung "(Solomon, 1997; p.204-206).
Dalam
konteks perusahaan, ada dua cara penting dalam memahami pengetahuan.
Pengetahuan menyajikan dalam kelompok, pada individu dan tingkat organisasi
fundamental berfokus pada membaik, penciptaan dan penggunaan dalam kelompok dan
tingkat perusahaan. Pengetahuan dapat berupa fisik atau lebih kognitif.
Pengetahuan fisik dapat dikodifikasikan dantetap dalam aturan proses rutin dan
peraturan, alat sedangkan pengetahuan kognitif tidak dapat dianggap dijelaskan;
yaitu memperkirakan potensi memiliki oleh individu (David W. De Panjang &
Liam Fahey, 2000).
BAB
III
METODOLOGI
Untuk
mendapatkan informasi puas dari peneliti, skala pengujian mapan dan merupakan
salah satu bagian yang sulit melakukan penelitian. Unsur independen dalam
penelitian ini adalah budaya. Hal ini berlaku untuk semua terlepas budaya
kandungan nilai-nilai dalam sistem iman individu.
Kami
mengambil populasi 300 dari sektor jasa di Islamabad memiliki usia 20 sampai
lebih dari 40. Kami mengambil sampel dari 45 pribadi dari segmen yang berbeda
dari sektor jasa. Kami memiliki tiga unsur variabel independen yang budaya.
Kami menggunakan metode kuesioner untuk mengukur mempengaruhi signifikan
pengetahuan, perilaku dan nilai-nilai etika bisnis. Kami mengambil setidaknya 2
sampai 5 pertanyaan dalam kuesioner kami.
BAB
IV
HASIL
DAN PEMBAHASAN
Analisis
faktor diterapkan untuk memeriksa unsur-unsur yang sangat signifikan
berpengaruh pada etika bisnis. Komponen dari 1 sampai 6 memiliki nilai Eigen
tinggi yang menunjukkan unsur yang memiliki sangat signifikan terhadap etika
bisnis (Tabel 1).
Tabel
1 Komponen Transformasi Matrix
Komponen
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
.627
|
.500
|
.339
|
.393
|
.289
|
-.066
|
2
|
-.389
|
-.009
|
.542
|
-.067
|
.451
|
.589
|
3
|
-.567
|
.525
|
-.307
|
.551
|
-.061
|
.026
|
4
|
.060
|
.364
|
-.525
|
-.516
|
.566
|
.035
|
5
|
.135
|
-.574
|
-.380
|
.521
|
.469
|
.130
|
6
|
.335
|
.109
|
-.278
|
.002
|
-.411
|
.793
|
Metode Ekstraksi: Principal
Component Analysis.
Metode Rotasi:
varimax dengan Kaiser Normalisasi.
Dari matriks korelasi
jelas bahwa Q3, Q4 yang untuk etika bisnis yang diselenggarakan oleh hukum atau
itu adalah pemikiran pribadi individu yang sangat mempengaruhi pada etika
bisnis. Q8 juga memiliki sangat signifikan pada etika bisnis yang berkaitan
dengan budaya organisasi Q12 & P13 menunjukkan bahwa pengetahuan id elemen
kuat yang juga efek positif yang kuat pada etika bisnis. Demikian pula Q21
& Q22 yang berkaitan untuk perubahan budaya organisasi melalui kemampuan
kepemimpinan berpengaruh positif terhadap etika bisnis. Q7, Q14 & P15
memiliki efek negatif memiliki budaya tidak begitu baik yang berlaku organisasi
dalam hasil yang jenis budaya memiliki efek negatif pada etika bisnis yang
tersisa 11 pertanyaan yang terkait untuk pengetahuan, nilai-nilai dan perilaku
memiliki cukup positif atau efek negatif pada etika bisnis.
Manajerial
Implementasi
Hal ini jelas dari
analisis statistik kami bahwa budaya organisasi memiliki pengetahuan, perilaku
& nilai-nilai berpengaruh pada etika bisnis tetapi pengetahuan dan
nilai-nilai memiliki efek positif pada etika bisnis sehingga organisasi harus
menekankan pada peningkatan tingkat pengetahuan karyawan mereka melalui
pembelajaran sesi dan nilai-nilai etika yang berlaku baik dalam organisasi
sehingga karyawan harus percaya diri dan setia kepada organisasi.
Diskusi
Mengingat analisis
data terbukti bahwa pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan tentang etika
bisnis terbukti. Hipotesis kedua yang merupakan perilaku yang sangat
berpengaruh pada etika bisnis tetapi memiliki efek moderat pada etika bisnis
maka hipotesis kedua tidak terbukti.
H: Interpersonal
pengetahuan adalah elemen positif budaya terhadap etika bisnis.
H1: antarpribadi
pengetahuan adalah menentukan signifikan dari budaya terhadap etika bisnis.
Banyak Literatur
mendukung klaim bahwa perempuan cenderung lebih etis daripada laki-laki
(Beltramini et al, 1984;. Miesing & Preble, 1985; Ruegger & King,
1992). Namun hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan
antara pria dan wanita. Di sisi lain, teori peran moralitas menegaskan individu
cenderung menunjukkan perilaku yang kurang etis dalam konteks organisasi
daripada mereka membuat keputusan pribadi (Applbaum, 1999).
BAB V
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
Budaya dan etika
saling terkait dan saling terkait sedemikian rupa sehingga membuat sulit untuk
mengetahui faktor yang membimbing / memotivasi perilaku yang timbul dari
situasi tertentu.
Kode etik mungkin
tanda yang paling terlihat dari filsafat etika perusahaan. Agar kode etik
menjadi berarti, jelas harus menyatakan prinsip-prinsip dan harapan dasar.Tes
ini tampaknya cukup valid dengan biaya rendah dan jangka waktu yang singkat
yang terlibat dalam administrasi (Sackett dan Harris, 1984).
Karyawan harus
memiliki kesadaran pengalaman dari jenis dilema etika yang mungkin mereka
hadapi, dan mereka perlu tahu apa tindakan yang harus dilakukan dalam dilema
ini. Memberikan pelatihan etika bagi karyawan merupakan salah satu kunci untuk
meningkatkan kesadaran ini. Pelatihan etika biasanya dimulai dengan sesi
orientasi dan diskusi terbuka kode perusahaan etik. Karyawan harus didorong
untuk berpartisipasi pada tingkat tinggi dalam sesi ini serta dalam pelatihan lain
yang mengikuti.
REFERENSI
Andrew,K.R.(1987),“The concep to fcorporate strategy”(RichardDIrwin,Inc.,New York,
N.Y)
Ansoff,H.I.(1965),“Corporate strategy: ananaly ticapproach to business policyfor growth
and Expansion”(MaGrawHillNew
York,N.Y)
Blanchard,
K.(1998), “The news
bottom line”
Carroll,A.B.(1978),“Linking business ethics to behavior in organization.”Advance Management Journal 43, 4-11
Drucker,P.F(1954),“Thepractice of Management”(Harper&Rawpublishers,New York.
N.Y)
Freeman,R.E.and D.EGilbertJr.(1988),“Corporate strategy and thesearch for ethics” (PrenticeHall, Englewood
Cliffs,
NJ)
Friedman,Milton(1962),“Capitalis mand freedom”The university of Chicago Press,
Chicago,IL.
Hunt, S.
D. and S. Vitell (1986), “A
General
the oryon Marketing Ethics”
Kotter,J.P.and Heskett,A.(1992),“Corporate Culture and Performance”, Free Press, New
York,NY.
Liu,A.M.M.(1999),“CultureintheHongKongrealestateprofession:atraitapproach”,
HabitatInternational,
Vol. 23 No. 3, pp. 417-25.
Mason,D.E.(1992),“Values of ethical choices :Ratey our self”,Non profit world10(3), 23-25
Nahapiet J.
&Goshal S.(1998)Business Ethics
Preble,J.F.,&Reichel,A.(1998),“Attitude to ward business ethics of future managersin
the USA andIsreal”.Journal
of Business Ethics, 9, 941-949
Raiborn,CecilyA.and D.Payne(1990),“Corporate codes of conduct; Acollective conscience and
continuum”,Journal
of business Ethics9, 897-889) Rokeach,M.(1972),“Beliefs, Attitudes and Values:ATheory of Organizationand Change”,
JoseyBass,
San Francisco,CA.
Rosenthal,R.and Rosnow,R.L.(1991),Essentials of Behavioral Research: Methods and Data
Anlaysis,
2nd ed.,McGraw-Hill,
Boston,MA
Schein,E.H.(1985),Organizational Culture and Leadership,Jossey-Bass,San Francisco, CA.
Simon,
H. A. (1945), Administrative behavior (Free Press, New York,NY.) Stodder, Gayle Sato (1998), “Goodwill
hunting”,Entrepreneurs
(July), 118-121
Vitell,S.J.andS.D.Hunt(1990),“the general the or yof marketing ethics:Apartialtest of the model,
research in the marketing10,
237-265
Tidak ada komentar:
Posting Komentar